10 Negara Terkilau di Dunia

Siapa yang tidak kenal dengan yang namanya emas? Barang yang berkilau dan terlihat elegan bagi siapa saja yang memilikinya. Dan sejak jaman dulu emas sudah menjadi alat untuk bertransaksi dan dijadikan perhiasan bagi kaum hawa. Di dalam pembentukannya emas membutuhkan 1.000 derajat celcius untuk melebur menjadi zat cair.
Di dunia masing-masing Negara mempunyai kekayaan alam yang beragam terutama yang didalamnya mengandung unsur emas, yang membuat produksi emas disetiap Negara berbervariasi. Namun dari seluruh Negara yang ada hanya 10 negara yang terhitung dalam produsen emas terbesar di dunia, yaitu :

Cina
RRC merupakan Negara terbesar ke 4 di dunia. Berdiri pada tahun 1949 setelah perang saudara, dan sekarang dipegang oleh satu partai yaitu Partai Komunis Tiongkok (PKT). Selain Negara yang memiliki ekonomi terbesar kedua di dalam hal PDB nominal, Cina juga menjadi Negara produsen emas terbesar pertama di dunia yang menghasilkan 355.000 kilogram emas. dan sebagian besar tambang berada di provinsi Shadong, yang terletak diantara Bejing dan Sanghai, dan sekitar 1/5 dikendalikan oleh China National Gold Group.

Austalia
Negara yang memiliki icon kanguru ini memiliki beberapa daratan dari benua Australia, pulau Tanzania, dan beberapa kepulauan kecil. Termasuk Negara yang memiliki ekonomi terbesar ke 12 di dunia. Dan pendapatan yang masuk melalui berbagai sumber, mulai dari pertambangan ekspor, telekomunikasi, perbankan dan manufaktur. Dari dunia pertambangan Australia menghasilkan emas sampai 270.000 kilogram,dan 2/3 nya didapat dari Perth di Australia Barat. Hampir $ 14000000000 yang didapat Autralia dari Golden Mile salah satu tambang yang terbesar dibenua Australia. Kini ada sekitar 80 ton yang Australia pegang atau 9,3% dari cadangan devisa dan 7.400 ton cadangan ditambang.

Amerika Serikat
Negara yang tergolong kedalam Negara maju pascaindustri. Dan merupakan produsen emas ke tiga pada tingkatan ini. Dan sebagian besar tambang berada di daerah Nevada dan Montana yang menghasilkan 237.000 kilogram emas. Hampir sebagian besar emas ditempatkan didalam brangkas bawah tanah di New York City, Fort Knox dan tempat tempat lain. Dan hampir 8.000 ton emas ditempatkan di brangkas tersebut oleh Federal Reserve dan Departemen keuangan dan setara dengan 75% total cadangan devisa.

Rusia
Negara yang membentang dari Timur Eropa sampai Utara Asia ini memiliki wilayah seluas 17.075.400 km2 sekitar 1/6 dari daratan dunia. Dengan daratan yang begitu luas Rusia memiliki hampir 200.000 kilogram emas, sekitar 5.000 ton yang berada dibawah tanah dan 900 ton berada didalam bank. Sejak peninggalan Josef stallin Rusia memiliki perindustrian yang lebih maju. Dan kini Rusia masih berusaha mengatasi perekonimiannya agar menjadi Negara adidaya seperti masa Uni Soviet.

Afrika Selatan
Negara yang sempat dikecam karena pemerintahannya menganut politik aparteid™ nya, tapi kini justru menjadi Negara demokrasi yang memiliki penduduk kuliat putih terbesar di benua Afrika. Selain itu Negara ini juga menjadi produsen emas terbesar di Afrika dengan 190.000 kilogram emas per tahun.

Peru
Peru merupakan Negara yang penuh akan sejarah kuno ini menjadi salah satu rumah bagi budaya kuno yang membentang dari peradaban Norte Chico di Calar, salah satu yang tertua di dunia dengan kekaisaran Inca Negara terbesar Pre-Columbia Amerika. Dan menjadi Negara penghasil emas terbesar di Amerika Latin setelah Amerika Serikat. Meskipun tambang di Peru bisa menghasilkan sampai 150.000 kilogram emas, tetapi mempunyai dampak negatif terhadap lingkungan karena meningkatnya pertambangan diperu yang mencapai 400% dalam dekade terakhir ini. Karena banyak dari mereka yang tinggal didaerah pegunungan yang masih bergantung dengan proses pertambangan.

Kanada
Perekonomian Kanada saat ini sudah hampir mendekati Amerika Serikat dikarenakan pertumbuhan dalam produksi pertambangan dan disektor pelayanan yang telah mengubah industry pedesaan menjadi industri perkotaan. Dan Kanada juga telah berhasil menghindari resesi ekonomi pada tahun 2001 dan telah mempertahankan pertumbuhan yang terbaik didalam G8 (Group Of Eight ). Maka dari itu tidak heran kalau Kanada bisa menghasil kan 110.000 kilogram emas dan masuk kedalam sepuluh besar Negara produsen terbesar emas.

Ghana
Merupakan negara terbesar ke-82 di dunia dan ke-33 terbesar di benua Afrika yang memiliki luas daratan 238.535 km2. Dan Ghana terkenal dengan Gold Coast yang memproduksi lebih dari 100.000 kilogram emas. Meskipun pasokan ada 1.400 ton cadangan, industri pertambangan Ghana mengeksport 5% dari PDB dan 37% mineral. Maka dari itu membuat Ghana masuk urutan ke-2 didalam Negara terbesar produsen emas di benua Afrika setelah Afrika Selatan.

Indonesia
Negara yang mempunyai ribuan pulau yang dijuluki negara maritim. Dan negara ini memiliki tambang terbesar yang bernama Grasberg, namun dibalik itu semua lokasi tambang ini merupakan daerah yang paling beracun di dunia. Dan tambang ini melepas 100 ton merkuri setahunnya ke atmosfire dengan penghasilan 100.000 kilogram emas. bahkan warga sekitar mengkonsumsi ikan yang mengandung merkuri dan dua kali lipat membahayakan.

Uzbekistan
Negara yang dikurung dua daratan ganda di dunia. Ekonomi Uzbekistan tergantung pada produksi komoditas, yang termasuk didalamnya kapas, uranium, emas, dan gas alam. Salah satunya emas yang diprodusi Uzbekistan sampai 90.000 kilogram, meskipun berada di urutan ke-10 tapi ini merupakan hal yang membanggakan, karena tidak hanya emasnya saja yang terkenal di Uzbekistan tetapi masih ada tambang lain yang mengesankan, seperti : tambang molibdeum, perak, dan uranium.