Emas Gerak Naik Seiring Penurunan Saham Asia, Minyak Mundur Lebih Jauh

(MentariMulia) – Emas bergerak menuju level yang lebih tinggi pada Rabu siang, seiring penurunan kembali terjadi dalam ekuitas dan minyak yang membuat safe-haven bullion terdongkrak, meskipun permintaan fisik terus menurun dari Asia di bawah level puncak bulan ini.

Kontrak bulan terdepan minyak mentah berjangka AS turun ke level terendah selama intra-hari $27,92 per barel pada hari sebelumnya, yang terendah sejak September 2003, menggarisbawahi kekhawatiran tentang ekonomi global. Saham Asia juga tergelincir.

International Monetary Fund memangkas proyeksi pertumbuhan global untuk ketiga kalinya dalam waktu kurang dari setahun setelah perekonomian China tumbuh pada tingkat yang paling lambat dalam seperempat abad pada 2015.

Spot emas naik sebesar 0,4% pada $1,091.85 per ons pukul 13.13WIB.

Spot emas berada pada kisaran harga $1,093 berada didekat level resistance yang pertama pada harga $1,093.83 apabila emas berhasil menembus level resistance yang pertama maka emas memiliki kemungkinan untuk terus bergerak mendekati level resistance yang kedua pada harga $ 1,099.97. Dengan menurunnya ekuitas, memberikan dukungan terhadap emas jika emas bisa memanfaatkan momentum tersebut maka emas dapat terus menguat.

Tetapi dengan Federal Reserve yang diharapkan untuk kembali meningkatkan suku bunga AS pada tahun ini, hal itu akan memberikan tekanan pada emas dilain pihak akan memberikan dukungan pada dolar. Saat ini spot emas berada diatas level support yang pertama pada harga $ 1,081.73, jika emas dapat menembus level support yang pertama maka emas memiliki kemungkinan untuk terus mendekati level support yang kedua pada harga $ 1,076.17.

Emas AS untuk pengiriman Februari naik sebanyak 0,2% pada $ 1,091.10 per ons.