Emas Melonjak Ke Tertinggi 8½ Bulan Atas Outlook Suku Bunga AS

Emas naik lebih dari 1% menuju level tertinggi selama 8 1/2 bulan pada hari Kamis setelah Ketua Federal Reserve Janet Yellen menekankan bahwa suku bunga AS akan meningkat secara bertahap pada tahun ini.

The Fed tidak mungkin untuk membalikkan rencana mengenai meningkatkan suku bunga AS lebih lanjut tahun ini, tetapi dengan pasar kredit yang ketat, pasar keuangan stabil, dan juga ketidakpastian atas pertumbuhan ekonomi China telah menaikkan risiko terhadap ekonomi AS, Yellen mengatakan hal tersebut kepada anggota parlemen AS pada hari Rabu.

Kenaikan suku bunga yang lambat bisa membantu bullion, membuat biaya kesempatan menurun. Spot emas melonjak ke harga $ 1.213 per ons, yang tertinggi sejak 22 Mei sebelum mengurangi keuntungan perdagangan yang naik sebesar 0,9% pada harga $ 1,208.42 pukul 12.02WIB.

Spot emas saat ini berada pada kisaran harga $1,207, dimana emas telah berhasil melewati level resistance yang pertama pada harga $1,202.57. Dimana hal ini terjadi setelah Ketua The Fed Janet Yellen memberikan komentar bahwa suku bunga AS akan tetap meningkat secara bertahap tahun ini. Apabila kenaikan suku bunga AS melambat maka hal ini dapat memberikan dukungan terhadap bullion dan juga dengan meningkatnya safe haven hal ini juga dapat memberikan dukungan terhadap bullion. Jika emas terus menguat dan berhasil melewati level resistance yang kedua pada harga $1,208.13, maka emas memiliki kemungkinan untuk terus bergerak mendekati level resistance yang ketiga pada harga $1,218.67.

Tetapi dengan komentar Janet Yellen yang menekankan bahwa suku bunga AS akan tetap meningkat secara bertahap akan memberikan dukungan pada dollar dimana dilain pihak akan memberikan tekanan terhadap emas. Saat ini emas berada pada harga $1,207 diatas level support yang pertama pada harga $1,186.47, jika emas terus melemah maka emas memiliki kemungkinan untuk terus bergerak kebawah. Apabila emas berhasil melewati level support yang pertama maka emas memiliki kemungkinan untuk terus bergerak mendekati level support yang kedua pada harga $1,175.93.

Bullion juga didukung oleh permintaan safe haven. Saham Asia tertatih pada hari Kamis seiring tanda Yellen untuk optimisme menyebabkan finish solid untuk Wall Street.

Komentarnya juga melukai dolar, yang jatuh ke titik terendah sejak Oktober terhadap sejumlah mata uang utama.