Emas Naik Ke Dekat Tertinggi 7½ Bulan Atas Permintaan Safe Haven

Emas naik untuk sesi kedelapan dari sembilan sesi pada Rabu, mendaki menuju level tertinggi selama 7 1/2 bulan seiring para investor mencari aset safe haven di tengah jatuhnya pasar saham dan kekhawatiran tentang ekonomi global.

Pasar ekuitas global telah dilanda kecemasan atas kesehatan sektor perbankan zona Eropa, dengan kebijakan moneter yang sangat longgar dilihat dari keuntungan bank yang membatasi dan akibatnya mempengaruhi kemampuan mereka untuk membayar utang.

Ini yang telah memicu rally di bullion, bersamaan dengan aset safe haven lainnya seperti obligasi pemerintah dan yen Jepang.

Spot emas naik sebesar 0,2% menjadi $1,190.71 per ons pukul 12.00 WIB, setelah mencapai level tertinggi yang terjadi pada satu hari sebelumnya pada harga $1,194.06. Emas meningkat ke level $1,200.60 pada hari Senin, tertinggi sejak 22 Juni 2015.

Spot emas saat ini berada pada kisaran harga $ 1,191, emas kembali menguat disebabkan oleh para investor yang mencari asset safe haven ditengah jatuhnya pasara saham dan juga ketidakstabilan di ekonomi global. Spot emas berada dibawah level resistance yang pertama pada harga $1,196.67, apabila emas berhasil memanfaatkan momentum yang ada maka emas memiliki kemungkinan untuk menguat dan jika level resistance yang pertama berhasil dilewati oleh emas maka emas memiliki kemungkinan untuk terus bergerak mendekati level resistance yang kedua pada harga $1,204.43.

Tetapi dengan Ketua The Fed Janet Yellen yang bersikukuh untuk kembali meningkatkan tingkat suku bunga AS lanjutan pada tahun ini, maka akan berdampak pada terbebaninya harga emas tetapi dilain pihak akan memberikan dukungan pada dolar. Spot emas saat ini berada diatas level support yang pertama pada harga $1,183.37, apabila emas mendapatkan tekanan dengan meningkatnya tingkat suku bunga AS maka emas memiliki kemungkinan untuk bergerak turun dan jika level support yang pertama berhasil dilewati oleh emas maka emas memiliki kemungkinan untuk terus bergerak mendekati level support yang kedua pada harga $1,177.83.

Ketua Federal Reserve Janet Yellen pada Kongres AS di hari Rabu juga diharapkan dapat mendukung harga.

Yellen akan mendukung kenaikan suku bunga pertama bank sentral AS dalam satu dekade dan mungkin bersikeras bahwa kenaikan selanjutnya pada tahun ini tetap pada jalurnya, meskipun pada kecepatan yang lebih lambat.

Sebuah kecepatan yang lebih lambat dari kenaikan suku bunga bisa membantu bullion, yang merupakan asset yang tidak membayar bunga.

Untuk saat ini, pedagang akan mengambil isyarat dari ekuitas dan safe havens lainnya.

Saham Asia merosot pada Rabu di tengah kekhawatiran tentang kesehatan disektor perbankan global, khususnya di Eropa.

Harga emas rally, bagaimanapun, telah melukai permintaan dari pembeli emas fisik.

Harga emas di India tergelincir ke rekor diskon dikarenakan pedagang berjuang untuk menarik pembeli. Dealer yang menawarkan rekor diskon sampai $25 per ons dari patokan harga London.