EUR/USD Berpotensi Melanjutkan Kenaikannya

EUR/USD Berpotensi Melanjutkan Kenaikannya

Mata uang Eropa dan mata uang terkait komoditas terlihat melonjak ke posisi tertinggi mingguan karena kelemahan dollar. Tidak ada alasan nyata bahwa langkah arah selanjutnya akan terus bergantung pada kekuatan atau kelemahan greenback tersebut.

Pergerakan mata uang tunggal untuk kawasan Eropa terhadap dollar AS terus menunjukkan performa yang signifikan di tengah krisis virus corona yang memburuk.

Dollar AS berada di bawah tekanan pekan lalu karena aset berisiko rebound. Namun, analis dari Goldman Sachs memperkirakan greenback bisa segera naik karena rally bersejarah belum berakhir.

Selama bulan Maret ini, pasangan mata uang EUR/USD telah mencapai level tertingginya dan terendah dalam setahun terakhir di tengah volatilitas yang tinggi di pasar mata uang.

Sebagian keuntungan yang diraih euro datang dari para investor yang menjual Dollar AS seiring tindakan stimulus AS yang meningkatkan likuiditas global, sekaligus melunakkan permintaan safe haven yang dominan.

Euro masih memiliki potensi kenaikan jika kebijakan fiskal Euro zone dinilai mampu meredam sentimen terkait penyebaran virus corona.