Don’t Judge The Book By It’s cover
Dari kalimat diatas pasti kita sering mendengar kata-kata ini, sudah tidak asing lagi bukan? Jangan menilai atau memandang sesuatu dari depannya saja, atau penampilannya, tetapi kita harus bisa melihat kedalamnya, mengenal, dan kita dapat menilainya.
Mungkin banyak diantara kita belum mengenal apa itu trading? Sebelum kita menilai secara kasat mata tentang trading, mari kita mengenal terlebih dahulu apa itu trading.

Pengertian trading adalah suatu bentuk perdagangan jual dan beli yang mengarah pada kemampuan dasar sebagai gambaran dari trader itu sendiri yang mengacu pada pasar. Trading juga dapat dikatakan bisnis. Banyak orang melakukan trading untuk berinvestasi. Trading bukanlah hal yang sangat sulit untuk dipelajari, tetapi bisa juga menjadi hal yang mengasyikkan bila kita mendalaminya.

Banyak yang menilai trading hanya kegiatan membuang-buang waktu, dan menghabiskan banyak modal untuk memulainya. Namun pada kenyataannya, trading merupakan salah satu jenis bisnis yang dikatakan menjanjikan. Modal memang dibutuhkan tetapi belum tentu dalam jumlah besar karena bisa disesuaikan dengan kemampuan keuangan yang kita miliki.

Ada beberapa kelebihan trading diantaranya :
Transaksi dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun dengan sambungan internet saja. Jadwal online trading hampir seluruh dunia sama, yaitu 24 jam hari senin-jumat. Semua trader mempunyai kesempatan yang luas untuk trading dengan memilih pasar yang diinginkan dan waktu yang sesuai dengan dimiliki sang trader.

Modal awal yang dibutuhkan kecil karena menggunakan margin dan leverage. Dengan sistem margin dan leverage, nilai transaksi jual dan beli tidak harus sebesar nilai dari instrumen yang ditransaksikan. Biasanya 1 banding 100. Contoh bila ngin bertransaksi di mata uang euro/usd sebanyak $10.000 maka modal yang dibutuhkan untuk transaksi hanya sebanyak $100. Bila ada untung (profit) dari transaksi tersebut, maka modal tersebut akan dikembalikan ke account portfolio secara utuh, dan akan dikurangi bila rugi (loss). Dapat mengontrol resiko dengan manajemen resiko. Trader dapat membatasi kerugian apabila harga tidak sesuai dengan yang diharapkan atau mengontrol level profit yang ditargetkan.

Terdapat banyak sekali literatur yang mengulas mengenai bagaimana cara dan mekanisme trading online, baik itu yang berbentuk buku atau tulisan di halaman internet. Hal ini akan membuat semakin mudah bagi kita untuk mempelajarinya. Setelah mengenal apa itu trading dan mengetahui kelebihan trading. Maka anda bisa menilai apa tiu trading yang sebenarnya. Jadi, mengenal terlebih dahulu maka anda akan mengetahui yang sebenarnya tentang dunia trading. Anda bisa mempelajari lebih lagi, dan mencoba mempelajari lebih dalam dengan mencoba membuka demo account dan barulah kemudian melakukan trading secara real jika telah memiliki pengetahuan yang cukup.